09 Juni 2009

Air cucuran atap jatuhnya ke pelimpahan juga

"Air cucuran atap jatuhnya ke pelimpahan juga",
Itu peribahasa yang ditanyakan artinya oleh putra pertama kami pada sore kemaren. Ketika dijawab dengan cara sederhana bahwa maksud peribahasa adalah sifat anak tidak akan berbeda jauh dari orang tuanya, eh…langsung dia nyeletuk “ Berarti.. sifat mas yg usil ini meniru ayah waktu kecil ya…” . Dan biasa...namanya juga ortu, ada aja jawaban mengelak ketika di-skak sama anak, “Iya…makanya kamu kurangi usilnya, biar besok kalo punya anak enggak usil banget tiru bapaknya lagi...”
Deg…terus terang di hati ini ketika itu tersadar, harus diakui ada sifat dari anak-anak atau kesalahan yang mereka perbuat, memang tidak beda jauh dari ayah ibunya diwaktu kecil. Mereka adalah cermin diri kita. Hanya kadang keinginan atau ego tuk menuntut mereka sempurna, jadi anak yang baik, penurut, yang bikin emosi muncul.
Sebenarnya didalam renungan terkadang ada kekhawatiran, disertai munculnya harapan dan untaian do’a, janganlah mereka mengulang kesalahan kita selaku orang tua, kenakalan kita di waktu kecil yang sekarang telah muncul di anak-anak. Rasanya sudah cukuplah membuat kita tersadar diri dan selalu mohon ampun kehadirat Ilahi.
Karena jikalau kesalahan dan dosa yang kita perbuat di waktu dulu atau sekarang, yang telah membuat kedua orang tua kita gelisah, marah, bahkan mungkin telah melukai hati keduanya, maka tanpa pengampunan dari Ilahi Robbi, duh…alangkah beratnya jalan dan usaha kita untuk mendidik mereka. Ya…hanya taubat dan selalu mohon ampunan kehadiratNya juga restu orang tua, semoga kelak putra putri kita tidak melakukan kesalahan yang telah diperbuat ayah ibunya. Sehingga kalau bisa, mereka menjadi anak yang lebih baik akhlak dan ibadahnya dari kita, menjadi anak yang lebih berbakti, malah mungkin jika diibaratkan mereka adalah buah yang jatuh tidak jauh dari pohonnya biarlah menjadi buah yang bagus, tidak berulat, dan menarik perhatian orang yg melihatnya, walau dia asalnya dari pohon yang jelek dan penuh hama……………

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar